0877-5029-6214
formadiksiunram20@gmail.com
Mataram, Universitas Mataram, INA. 2022.
blog-img
17/09/2020

Spektakuler, Acara TIMDIKSI Nasional 2020 oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi UNRAM Menyita Perhatian

| Kegiatan FORMADIKSI UNRAM

             Forum Mahasiswa Bidikmisi (FORMADIKSI) Universitas Mataram adalah wadah silaturahmi, penampung aspirasi, dan pengembangan potensi mahasiswa bidikmisi  khususnya Universitas Mataram melalui berbagai program kerja yang dimiliki. Salah satunya yakni dengan adanya kegiatan Temu Ilmiah Mahasiswa Bidikmisi (TIMDIKSI) nasional yang merupakan program kerja departemen prestasi formadiksi unram serta bertujuan untuk menjadi ajang silaturahmi mahasiswa bidikmisi se-Indonesia dan sarana mengembangkan potensi diri.

            Pelaksanaan Timdiksi nasional 2020 bertepatan dengan satu dekade (10 tahun) bidikmisi berdiri. Oleh karena itu, sebagai bentuk syukur dan terimakasih kepada bidikmisi yang telah satu dekade (10 tahun)  menginspirasi dan memberikan arti besar bagi mahasiswa yang kurang mampu dari segi ekonomi tapi memiliki kemauan besar untuk menuntut ilmu, berprestasi dan menjadi generasi unggul bagi negeri, tema dari Timdiksi nasional 2020 yaitu “Mahakarya Satu Dekade Bidikmisi Menuju Indonesia Emas 2045” yang digelar dari tanggal 10 September-14 September 2020 secara online karena adanya pandemi. Namun walaupun digelar secara online, rangkaian acara tersebut tidak terlalu berbeda dari sebelumnya dan tetap mengutamakan terjalinnya silaturahmi serta menghadirkan esensi temu semua mahasiswa bidikmisi se-Indonesia yang mengikuti kegiatan.

          Rangkaian acara Timdiksi nasional 2020 diantaranya adalah Seminar Nasional.Seminar Nasional dihadiri langsung oleh Wakil Rektor Bidang  Kemahasiswaan dan Alumni, Pembina Formadiksi, Kasubag Bagian Kesejahteraan Mahasiswa, juri setiap cabang lomba, alumni bidikmisi, Senior Bidikmisi, para nominasi bidikmisi awards, dan ketua organisasi mahasiswa (Ormawa) se-Universitas Mataram yang bertempat di Ruang Sidang Senat lantai 3 Universitas Mataram. Sedangkan para finalis setiap cabang lomba mengikuti kegiatan secara online  melalui aplikasi zoom yang juga dapat disaksikan langsung melalui Youtube Formadiksi Unram.

       Dalam laporannya Ketua Panitia Muh. Hamzani menyampaikan “Pelaksanaan TIMDIKSI Nasional 2020 cukup spesial dari tahun sebelumnya, karena menghadirkan dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa-mahasiswa bidikmisi berprestasi Universitas Mataram. Tujuan dari pelaksanaan Timdiksi ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan meningkatkan kecakapan serta kreativitas mahasiswa bidikmisi dalam bidang kepenulisan”.

“Acara Seminar Nasional ini diisi oleh Bapak Bidikmisi yang juga merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2009-2014 dan Alumni Bidikmisi UNRAM angkatan pertama” Lanjutnya.

         Ketua Umum FORMADIKSI Universitas Mataram, M Fauzin Al Habib mengatakan dalam sambutannya “Pada tahun 2020 ini menjadi momen istimewa karena genap 10 tahun atau satu dekade bidikmisi berdiri sehingga kegiatan Timdiksi 2020 dirangkaikan dengan peringatan satu dekade bidikmisi serta menghadirkan bapak bidikmisi yang telah mencetuskan bidikmisi dan membuat orang-orang yang sebelumnya tidak berani untuk bermimpi mampu menunjukan kepada dunia bahwa mereka bisa  menjadi pemimpin masa depan. Oleh karenanya ketika satu abad berdirinya Indonesia ini pada tahun 2045 diharapkan mahasiswa bidikmisi ini bisa menjadi jawaban atau harapan Indonesia. Di tahun 2020 ini menjadi akhir dari bidikmisi yang akan digantikan dengan KIP kuliah dan bidikmisi sangat berarti untuk kita karena berkat beasiswa tersebut kita hadir , kuliah disini serta mampu mewujudkan cita cita yang  terpendam karena kondisi ekonomi. Terimakasih bidikmisi, salam bidikmisi salam prestasi.”

         Selain itu, dalam sambutan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram, Prof. Dr.Ir. Enny Yuliani, M.Si mengatakan bahwa  Bidikmisi telah memberikan akses dan kesempatan  belajar di perguruan tinggi. Serta menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang produktif dan mandiri.”

          Setelah dibuka secara resmi oleh WR 3, ditampilkan video persembahan mahasiswa bidikmisi Universitas Mataram berupa lagu tradisonal sasak yang berjudul ”Inaq Tegining Amaq Teganang” yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai peringatan satu dekade bidikmisi yang dilakukan oleh Pembina Formadiksi Universitas Mataram Oryza Pneumatica Inderasari, S.Sos, M.Sosio bersama wakil rektor bidang kemahasiswaan dan alumni Universitas Mataram, Prof. Dr.Ir. Enny Yuliani, M.Si. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh pencetus bidikmisi (bapak bidikmisi) sekaligus menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan RI 2009-2014 yakni Prof. Dr.Ir Mohammad Nuh, DEA secara online melalui aplikasi zoom.

           Selain itu ditampilkan juga video ucapan terimaksih kepada bidikmisi oleh mahasiswa-mahasiswa bidikmisi dari berbagai Universitas di Indonesia. Dalam kegiatan ini juga diumumkan bidikmisi awards untuk mahasiswa bidikmisi per angkatan dan kepada alumni-alumni bidikmisi Universitas mataram dengan kategori Riset Ilmiah,  Penggerak Ekonomi, Pendidikan, Sosial, Dan Hukum sebagai bentuk apresiasi atas torehan prestasi mereka, serta menunjukan bahwa mahasiswa bidikmisi juga mampu berprestasi dan berkontribusi untuk Indonesia.

1. Seminar Nasional

           Rangkaian acara selanjutnya adalah seminar nasional online melalui aplikasi zoom dengan tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Bidikmisi Melalui Pendidikan Berkualitas Di Era New Normal Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045” yang diikuti oleh 742 peserta. Adapun pemateri pertama seminar nasional berasal dari penerima bidikmisi 2010 Universitas Mataram yang memiliki berbagai prestasi yaitu, Fitria Tisa Oktavia, Ph.D (Cand) yang menyampaikan “Bidikmisi menjadi pintu awal yang akan membuka pintu-pintu mimpi berikutnya dan untuk mencapai target Indonesia emas 2045 perlu dioptimalkannya sumber daya manusia salah satunya melalui investasi pendidikan”.

              Pemateri kedua yaitu,  bapak bidikmisi yang mencetuskan adanya bidikmisi sekaligus menteri pendidikan dan kebudayaan RI 2009-2014 yaitu, Prof. Dr.Ir Mohammad Nuh, DEA. Ia menyampaikan “Kasus Covid-19 yang terjadi membuat kita harus mengalami perubahan. Dan pilihan kita adalah berubah karena kemauan atau keterpaksaan”. Selain itu disampaikan juga bahwa “esensi pendidikan adalah belajar, belajar dan belajar. Pendidikan adalah sistem rekayasa sosial terbaik dan teruji untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan, dan kemartabatan”. Setelah penyampaian materi dan diskusi, rangakaian acara Timdiksi ditutup dengan persembahan video kolaborasi silat mahasiswa bidikmisi dan tarian pasga MA NW Aik Ampat.

2. Lomba Karya Tulis Ilmiah

“Kontribusi mahasiswa bidikmisi sebagai agent of change dalam mengembangkan IPTEK dan Sumber Daya guna mewujudkan generasi emas 2045”

Pendaftaran dibuka selama 5 bulan dari Maret-Juli 2020.

Tahapan yang dilalui adalah Pendaftaran, Penilaian Karya, Pengumuman 20 Besar, penilaian Video Presentasi dan Poster, dan terakhir adalah Tanya Jawab oleh Dewan Juri melalui Platform Zoom.

Menyisahakan oleh 20 Tim terbaik dari 13 Universitas di Indonesia dengan rincian sbb :

No Nama Asal Universitas
1

1.)   Ahmad Fahrudin Husen
2.)    Yasri Rahmawati
3.)   Sularso

Universitas Brawijaya
2

1.)   Aji Sumiardi
2.)    Annisa Kurniati
3.)   Nurhasanah

Universitas Mataram
3

1.)   Alan Maulana Karisma
2.)    Baiq Sonia H
3.)   Silma safira H

Universitas Mataram
4 1.)   Alvin Arbiansyah
2.)   Anas Nur Fauzan
3.)    Handri Prastyo
Universitas Jember
5

1.)   Badilah Bin Rawin
2.)   Siti Julaeha
3.)    Gunawan Adi Sasongko

Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon
6 1.)   Dewi Masluqiyah
2.)    Ajeng Febrianti Rahayu
3.)   Eqia Arum azzahro
Universitas Airlangga
7 1.)   Fajrin Purnomo
2.)    Siti masfufa
3.)   Muhammad Hendi Hidayat Rimadhoni
Universitas Trunojoyo Madura
8 1.)   Fransisca Rahcmawati Indira
2.)    Mar’atus Syolikha
3.)   Andini Indalaini Lestari
Universitas Negeri Semarang
9 1.)   Husein Faisal Ridho
2.)    Nur Azizah
3.)   Ahmad Faqih Imaddudin
Universitas Islam Indonesia
10 1.)   Muhamad Ansori
2.)    Dewi Wahyuni
3.)   Fatmawati
Universitas Mataram
11 1.)   Muhamad Faqih
2.)    Ningsih Putri H
3.)   Firman Hidayat
Universitas airlangga
12 1.)   Musa Beni Ricardo Aruan
2.)   Imam Cahyadi
3.)   Hafizh Akbar
Universitas Negeri Yogyakarta
13 1.)   Nuhaolida
2.)    Dinda Safitri
3.)   Siti Ilhami Fatmahandayani
Universitas Mataram
14 1.)   Prahoro Yudo Purwono
2.)    Fikky Ardiansyah
3.)   Aisyah Achrijna Ismawati
Universitas Negeri Surabaya
15 1.)   Rachmat Krismono
2.)    Assajie Satyananda
3.)   Tommy Wahyu Yudialim
Universitas Gadjah Mada
16 1.)   Reza Febriansyah
2.)    Ludvivia Ramagita Hutagalung
3.)   Anandita Putri Efendi
Universitas Teuku Umar
17 1.)   Siti Listyaningsih
2.)   Nur Saidah
3.)   Novi Wijayaningsih
Universitas Negeri Semarang
18 1.)   Suci Sari Nur Zubaedah
2.)    Nayla Rahmaniyatul W
3.)   Nur Rahmatul C
Universitas Negeri Semarang
19 1.)   Syafar Algazali Hidayat
2.)    Nanin Agustin
3.)   Baiq Purwasetyanegari
Universitas Mataram
20

1.)   Veronica Ayu Dwi Atmaja
2.)   Putu Nokia Sustriani
3.)   Brian Ovarino

Universitas Udayana
     

Berikut adalah Daftar Pemenang :

Kategori

Nama ketua

Asal universitas

Judul karya

Nilai

Juara 1

Dewi Masluqiyah

Universitas Airlangga

E-Meal: Aplikasi Digital Untuk Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental Remaja Guna Mewujudkan Generasi Emas 2045

262,2

Juara 2

Alvin Arbiansyah

Universitas Jember

Circulating Fluidized Bed Combustor-Auger Pyrolyzer Coupled Reactor (Cifco-Apro) Sebagai Alat Pengolahan Limbah Kelapa Sawit

261,3

Juara 3

Alan Maulana Karisma

Universitas Mataram

Perencanaan Daerah Rawan Bencana Tsunami Dengan Analisis Comcot Guna Mendukung Perhelatan MotoGP Mandalika 2021 Di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

259,8

Best Paper

Dewi Masluqiyah

Universitas Airlangga

E-Meal: Aplikasi Digital Untuk Pencegahan Gangguan Kesehatan Mental Remaja Guna Mewujudkan Generasi Emas 2045

265

Best Presentation

Ahmad Fahrudin Husen

Universitas Brawijaya

SI SEMMUT: System Several Massage Macrocontroller Technology Pengembangan Kandang Sapi Perah Berbasis IoT Dengan Pemanfaatan Limbah Feses Sapi Sebagai Sumber Energi Terbarukan Guna Menciptakan Goals S

278

Best Poster

Veronica Ayu Dwi Atmaja

Universitas Udayana

HESMOB (Health Access Mobile):Optimalisasi Sistem Layanan Kesehatan Masyarakat Berbasis Integrated Health Care Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045

499

3. Lomba Kisah Inspiratif

“Terimakasih Bidikmisi Satu Dekade Menginspirasi”

Tahapan yang dilalui adalah Pendaftaran, Penilaian Karya, Pengumuman 20 Besar, penilaian Video Inspiratif dan terakhir adalah Tanya Jawab oleh Dewan Juri melalui Platform Zoom.

Menyisakan 20 Mahasiswa Bidikmisi terInspiratif  dari 18 Universitas dengan rincian sbb:

No.

Nama

ASAL UNIVERSITAS

 
 

1

Agustin Ike Rahmawati

Universitas Tanjungpura

 

2

Anggi Anggara

Universitas Tidar

 

3

Arfaton

Universitas Negeri Yogyakarta

 

4

Audrey kirana

Iain Manado

 

5

Aula Zulfia Rohmah

Universitas Teknologi Yogyakarta

 

6

Ayu Robillah

Iain Pekalongan

 

7

Belila Mega Utari

Universitas Negeri Semarang

 

8

Eva Lailatur Riska

Universitas Udayana

 

9

Heri Suprianto

Stia Setih Setio Muara Bungo

 

10

Kamiyatein

Universitas Jambi

 

11

Karsan

Universitas Negeri Semarang

 

12

Muhammad Andi

Universitas Palangka Raya

 

13

Nahdah Ayatillah

Universitas Maritim Raja Ali Haji

 

14

Natayya Yulaita

Universitas Lampung

 

15

Ni Luh Ayu Martini

Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

 

16

Rahyu Dista

Universitas Teuku Umar

 

17

Renalia Rhomadani

Iain Purwokerto

 

18

RTS Yulia Putri

Universitas Jambi

 

19

Salsyabilah Ramadani

Universitas Sriwijaya

 

20

Septiyana Dewi Putri

Universitas Mataram

 

Berikut pemenangnya :

Kategori

Nama Ketua

ASAL UNIVERSITAS

Judul Karya

Nilai

Juara 1

Natayya Yulaita

Universitas Lampung

Hikayat Seorang Mahasiswi Bidikmisi Dari Kota Tapis Berseri

269,4

Juara 2

Kamiyatein

Universitas Jambi

Catatan Kecil Untuk Mimpi Yang Besar

265,4

Juara 3

Belila Mega Utari

Universitas Negeri Semarang

Sekarung Asa

262,2

Video Kreatif

Heri Suprianto

Stia Setih Setio Muara Bungo

Piramida Sanjungan

276

4. Bidimisi Award

      Panitia telah mengumpulkan data prestasi mahasiswa Bidikmisi se-UNRAM selama lebih dari 5 Bulan yang lalu dan di Klasifikasikan menjadi beberapa Kategori. Pemberian penghargaan ini adalah sebagai bentuk Representatif 10 tahun adanya Program Bidikmisi khususnya di Universitas Mataram.

       Selain itu, ada juga perayaan Ceremonial satu dekade bidikmisi dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni di damping Ibu Pembina Forum Mahasiswa Bidikmisi UNRAM.

Pemenang setiap angkatan :

Angkatan

No

Nama

Nim

Fakultas

Prodi

Keterangan

2016

1

Baiq Mir-Atul Kulub

A1B016024

F. Ekonomi Dan Bisnis

S1 Manajemen

Terbaik 1

2

Muh. Ricki Saprollah

F1A016100

F. Teknik

S1 Teknik Sipil

Terbaik 2

3

Ria Mawaddah

A1C016131

F. Ekonomi Dan Bisnis

S1 Akuntansi

Terbaik 3

4

Sarah Seri Rahayu

E1S016079

F. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Sosiologi

Empat Besar

2017

5

Haerul Rizal Fatoni

L1C017030

F. Sosial Dan Politik

S1 Sosiologi

Terbaik 1

6

Baiq Nisrina Nurubay

J1A017021

F. Teknologi Pangan Dan Agro Industri

S1 Ilmu Dan Teknologi Pangan

Terbaik 2

7

Muhammad Hamzan Wadi

E1E017085

F. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Terbaik 3

8

Yulia Indrayana Sopya

E1M017081

F. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Kimia

Empat Besar

2018

9

M. Majdi

J1B018048

F. Teknologi Pangan Dan Agro Industri

S1 Teknik Pertanian

Terbaik 1

10

Nurhabibah

G1D018061

F. Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

S1 Matematika

Terbaik 2

11

Dita Ayu Saputri

G1C018017

F. Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

S1 Kimia

Terbaik 3

12

Baiq. Khaeratul Jannah

G1C018008

F. Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

S1 Kimia

Empat Besar

2019

13

Wini Ulmawia

G1B019077

F. Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

S1 Fisika

Terbaik 1

14

Nurhidayatul Maulida

E1E019238

F. Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Terbaik 2

15

Mariana

C1G019163

F. Pertanian

S1 Agribisnis

Terbaik 3

16

Harry Sopiandi

F1A019060

F. Teknik

S1 Teknik Sipil

Empat Besar

Video Kreatif

Ria Mawaddah

A1C016131

F. Ekonomi Dan Bisnis

S1 Akuntansi

Video Kreatif

Peraih IPK tertinggi angkatan 2016

No

Nim

Nama

L/P

IPK

Fakultas

Prodi

1

C1K016087

Sari Hidayati

P

3,95

Pertanian

S1 Budidaya Perairan

2

G1D016040

Rina Juliana

P

3,9

MIPA

S1 Matematika

3

J1B016094

Siti Muti'ah

P

3,88

Teknologi Pangan dan Agroindustri

S1 Teknik Pertanian

4

K1A016052

Vera Fitriana

P

3,86

Kedokteran

S1 Farmasi

5

L1C016074

Nurul Haromain

L

3,87

Prodi

S1 Sosiologi

6

A1C016152

Vanindiah Astuti

P

3,78

Ekonomi

S1 Akuntansi

7

B1D016124

Ivo Yolanda Safitri

P

3,55

Peternakan

S1 Peternakan

8

E1E016050

Husnul Hotimah

P

3,87

FKIP

S1 PGSD

9

D1A016108

Hul Faizah

P

3,85

Hukum

S1 Ilmu Hukum

10

F1D016054

Mega Laely

P

3,67

Teknik

S1 Teknik Informatika

Penghargaan untuk Alumni 2010-2016

No

Nama

Bidang

1

Ni Nyoman Suli Asmara Yanti, SE., MM

Penggerak Pendidikan

2

Amrian Septepawan

Penggerak Ekonomi

3

Abdul Gazir Syarifudin, S.Mat

Ahli Riset Ilmiah

4

Azizatul Lutfiah, STP., M.Sc

Jenjang pendidikan

5

Zulhan Sulasi, S.TP

Penggerak Sosial

6

Muhammad Taisir, SH

Penggerak Hukum

Bagikan Ke:

Populer